Apa Itu Skleritis?

Hasil gambar untuk skleritis

Plurk.com

Sklera adalah lapisan luar pelindung mata, yang juga merupakan bagian putih mata. Ini terhubung ke otot yang membantu mata bergerak. Sekitar 83 persen permukaan mata adalah sklera.

Skleritis adalah kelainan di mana sklera menjadi sangat meradang dan memerah. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan. Skleritis diyakini sebagai hasil dari reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan. Jenis skleritis yang Anda miliki tergantung pada lokasi peradangan. Kebanyakan orang merasakan sakit parah dengan kondisinya, tetapi ada pengecualian.

Pengobatan dini dengan obat-obatan diperlukan untuk mencegah skleritis berkembang. Kasus yang serius dan tidak diobati dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sebagian atau seluruhnya.

Apa jenis skleritis?

Dokter menggunakan apa yang disebut klasifikasi Watson dan Hayreh untuk membedakan berbagai jenis skleritis. Klasifikasi didasarkan pada apakah penyakit tersebut mempengaruhi anterior (depan) atau posterior (belakang) sklera. Bentuk anterior kemungkinan besar memiliki penyakit yang mendasarinya sebagai bagian dari penyebabnya.

Subtipe skleritis anterior meliputi :

– scleritis anterior : bentuk skleritis yang paling umum

– skleritis anterior nodular : bentuk paling umum kedua

– skleritis anterior nekrotikan dengan peradangan : bentuk skleritis anterior yang paling serius

– skleritis anterior nekrotikan tanpa peradangan : bentuk skleritis anterior yang paling jarang

– skleritis posterior : lebih sulit untuk didiagnosis dan dideteksi karena memiliki gejala yang bervariasi, termasuk banyak yang meniru gangguan lain

Gejala

Dua jenis utama skleritis adalah :

– Anterior : Kondisi ini adalah saat bagian depan sklera Anda meradang. Ini adalah jenis skleritis yang paling umum.

– Posterior : Kondisi ini adalah saat bagian belakang sclera Anda meradang. Ini kurang umum tetapi dapat menyebabkan masalah mata yang serius seperti retina atau glaukoma yang terlepas.

Skleritis anterior dan posterior cenderung menyebabkan nyeri mata yang bisa terasa seperti sakit yang dalam dan parah. Anda juga mungkin merasakan kelembutan di mata Anda, bersama dengan rasa sakit yang berpindah dari mata Anda ke rahang, wajah, atau kepala Anda. Dan Anda mungkin memiliki penglihatan kabur, air mata yang tidak bisa dijelaskan, atau perhatikan bahwa mata Anda sangat sensitif terhadap cahaya.

Skleritis anterior juga dapat membuat putih mata Anda terlihat merah, dan Anda mungkin melihat benjolan kecil di sana. Dengan skleritis posterior, Anda biasanya tidak dapat melihat masalah seperti ini karena mereka ada di belakang mata Anda.

Apa saja gejala scleritis ?

Setiap jenis skleritis memiliki gejala yang sama, dan mereka dapat memburuk jika kondisinya tidak diobati. Nyeri mata parah yang berespons buruk terhadap obat penghilang rasa sakit adalah gejala utama skleritis. Gerakan mata cenderung memperburuk rasa sakit. Rasa sakit dapat menyebar ke seluruh wajah, terutama di sisi mata yang sakit.

Gejala lain mungkin termasuk :

  • lakrimasi
  • penurunan penglihatan
  • pandangan yang kabur
  • sensitivitas terhadap cahaya, atau fotofobia
  • kemerahan pada sklera, atau bagian putih mata Anda

Gejala-gejala skleritis posterior tidak begitu jelas karena tidak menyebabkan rasa sakit yang parah seperti jenis lainnya. Gejalanya meliputi :

  • sakit kepala yang berlebih
  • rasa sakit yang disebabkan oleh gerakan mata
  • iritasi mata

Beberapa orang mengalami sedikit atau tidak ada rasa sakit akibat skleritis. Ini mungkin karena mereka memiliki :

  • kasus yang lebih ringan
  • skleromalacia perforans, yang merupakan komplikasi langka rheumatoid arthritis (RA) lanjut
  • riwayat menggunakan obat imunosupresif (mereka mencegah aktivitas dalam sistem kekebalan) sebelum gejala dimulai

Apa yang menyebabkan skleritis?

Ada teori bahwa sel T sistem kekebalan tubuh menyebabkan skleritis. Sistem kekebalan adalah jaringan organ, jaringan, dan sel yang bersirkulasi yang bekerja bersama untuk menghentikan bakteri dan virus dari penyebab penyakit. Sel T bekerja untuk menghancurkan patogen yang masuk, yaitu organisme yang dapat menyebabkan penyakit atau penyakit. 

Bagaimana prospek penderita skleritis?

Skleritis adalah penyakit yang dapat menyebabkan kerusakan mata yang signifikan, termasuk sebagian untuk kehilangan penglihatan total. Ketika kehilangan penglihatan memang terjadi, itu biasanya hasil dari skleritis nekrotikans. Ada risiko skleritis akan kembali walaupun sudah dirawat.

Skleritis adalah kondisi mata serius yang membutuhkan perawatan segera, segera setelah gejalanya diketahui. Bahkan jika gejala Anda membaik, penting untuk menindaklanjuti dengan dokter spesialis mata secara teratur untuk memastikannya tidak kembali. Mengobati kondisi autoimun yang mendasari yang mungkin menyebabkan skleritis juga penting dalam mencegah masalah sklera di masa depan.

Sumber :

www.healthline.com

www.webmd.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>